Senin, 08 Juni 2015

Usaha Marmi Delicious


USAHA
MARMI Delicious
(Martabak Mini Delicious)

A.     DESKRIPSI UMUM PERUSAHAAN

“MARMI Delicious” merupakan salah usaha yang bergerak dibidang kuliner yang selalu berusaha menyajikan makanan dalam bentuk martabak yang potensial, dan istimewa dengan cara pembuatan makanan yang sangat sederhana dan higienis, bahan baku mudah didapat, tanpa bahan pengawet, harga yang terjangkau, serta dengan rasa yang enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternative di Indonesia.

Nama Perusahaan                 :  Usaha Dagang “MARMI DELICIOUS”
Bentuk Perusahaan              :  Perseorangan
Bidang Usaha                         :  Usaha Martabak
Tempat Kedudukan Usaha   : Kalibata, Jak-sel.
Nomor Telepon                     :  083890349889

B.     VISI DAN MISI USAHA

-       VISI :
Menjadikan usaha kuliner yang selalu mampu memenuhi kebutuhan konsumen dalam bidang kuliner martabak dan mampu mengembangkan usaha ini menjadi usaha yang memiliki produk bernilai tambah, berkualitas, sehat dan bergizi.

-       MISI :
·  Membuat martabak mini yang beraneka rasa dan dengan tampilan berbeda dengan martabak mini lain.
·    Menjaga kualitas produk dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas
·    Melakukan pelayanan prima.
C.      STRUKTUR ORGANISASI

Nama
Sawalia
Jabatan
CEO
Pengalaman Kerja
Wirausaha
No.Telepon
083890349889
           
Nama
Ariefalep
Jabatan
General Manajer
Pengalaman Kerja
Wirausaha
No.Telepon
081234256788

Nama
Ahmad Kosasih
Jabatan
Financial Manager
Pengalaman Kerja
Wirausaha
No.Telepon
085743231414

Nama
Limi
Jabatan
Marketing Manager
Pengalaman Kerja
Wirausaha
No.Telepon
081977234522

Nama
Annisa
Jabatan
Production Manager
Pengalaman Kerja
Wirausaha
No.Telepon
085715530013

 


D.     ANALISIS PEMASARAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION)

1.      PRODUCT
a.       Deskripsi Produk
MARMI Delicious adalah kuliner martabak dengan berbagai macam pilihan rasa, seperti coklat, selai buah, keju, dan sebagainya.

b.      Kemasan Produk
Kemasan produk ini menggunakan Box berlogo “MARMI Delicious”.

c.       Target Pasar
Target pasar produk kuliner ini dengan meningkatkan produksi setiap 3 bulan, mulai dari 300, 400, sampai 500 buah perhari.

2.      PRICE
Harga yang ditawarkan dalam produk ini merupakan harga yang terjangkau oleh konsumen secara menyeluruh dan dengan menyesuaikan kualitas produk yang dibuat. Harga disesuaikan dengan topping selera pelanggan.
-       Jika menggunakan topping cokelat Rp. 6.000/buah
-       Jika menggunakan topping keju Rp. 7.000/buah
-       Jika menggunakan topping selai buah Rp. 6.500/buah
-       jIka ingin campuran topping Rp 8.500/buah

3.      PLACE
Produk dipasarkan yaitu di sekitar lingkungan khalayak ramai, seperti dipinggir jalan.

4.      PROMOTION
-       Menjual kepada konsumen secara langsung
-       Melalui social media
-       Berjualan di tempat kegiatan-kegiatan perkumpulan kuliner

E.    SEGMEN PASAR

Produk ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa yang menykai kuliner manis ini.
           
F.      Analisis SWOT
                                a.      Strength (Kekuatan) :
ü Menjual produk untuk semua kalangan
ü Bahan produk yang terjamin, higienis dan sehat
ü Harga terjangkau
ü Penampilan menarik
ü Bentuknya kecil dan sesuai kebutuhan
ü Penyajian sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dan cepat saji
ü Terdiri dari banyak rasa dan topping, sehingga konsumen dapat memilih topping sesuai selera.

                                b.      Weakness (Kelemahan)
ü Produk tidak tahan lama
ü Produk mudah ditiru
ü Faktor tempat juga mempengaruhi, jika kurang ramai maka permintaan sedikit
ü Jika cuaca sedang buruk, permintaan konsumen akan menurun
ü Faktor kenaikan harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen
  
                              c.      Opportunity (Peluang)
ü Bisa menjadi alternative sebagai makanan pengganti cemilan
ü Karena martabak mini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampau tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.

                              d.      Threath (Ancaman)
J Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga lebih murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar