USAHA
MARMI Delicious
(Martabak Mini Delicious)
A.
DESKRIPSI UMUM PERUSAHAAN
“MARMI Delicious” merupakan salah usaha yang bergerak dibidang kuliner yang selalu berusaha menyajikan makanan dalam bentuk martabak yang potensial, dan
istimewa dengan cara pembuatan makanan yang sangat sederhana dan higienis, bahan baku mudah
didapat, tanpa bahan pengawet, harga yang terjangkau, serta dengan rasa yang enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat, sehingga
usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner
alternative di Indonesia.
Nama Perusahaan : Usaha
Dagang “MARMI DELICIOUS”
Bentuk Perusahaan : Perseorangan
Bidang Usaha : Usaha
Martabak
Tempat Kedudukan Usaha : Kalibata, Jak-sel.
Nomor Telepon : 083890349889
B.
VISI DAN MISI USAHA
-
VISI :
Menjadikan usaha kuliner yang selalu mampu memenuhi kebutuhan konsumen dalam bidang kuliner martabak dan mampu mengembangkan usaha ini menjadi usaha yang memiliki produk bernilai tambah,
berkualitas,
sehat dan bergizi.
- MISI :
Membuat martabak mini yang beraneka rasa dan dengan tampilan berbeda dengan martabak mini lain.
Menjaga kualitas
produk dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas
Melakukan pelayanan
prima.
C.
STRUKTUR ORGANISASI
D.
ANALISIS PEMASARAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE,
PROMOTION)
1.
PRODUCT
a.
Deskripsi Produk
MARMI Delicious adalah kuliner
martabak dengan berbagai macam pilihan rasa, seperti coklat, selai buah, keju,
dan sebagainya.
b.
Kemasan Produk
Kemasan produk ini menggunakan Box berlogo
“MARMI Delicious”.
c.
Target Pasar
Target pasar produk kuliner ini dengan
meningkatkan produksi setiap 3 bulan, mulai dari 300, 400,
sampai 500 buah perhari.
2.
PRICE
Harga yang ditawarkan dalam produk ini merupakan harga yang terjangkau oleh konsumen secara menyeluruh
dan dengan menyesuaikan kualitas produk yang dibuat. Harga disesuaikan dengan topping selera pelanggan.
-
Jika menggunakan topping
cokelat Rp. 6.000/buah
-
Jika menggunakan topping keju
Rp. 7.000/buah
-
Jika menggunakan topping selai
buah Rp. 6.500/buah
-
jIka ingin campuran topping Rp
8.500/buah
3.
PLACE
Produk dipasarkan yaitu di
sekitar lingkungan khalayak ramai, seperti dipinggir jalan.
4.
PROMOTION
- Menjual
kepada konsumen secara langsung
- Melalui
social media
- Berjualan
di tempat kegiatan-kegiatan perkumpulan kuliner
E. SEGMEN
PASAR
Produk ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa yang menykai kuliner manis ini.
F.
Analisis SWOT
a. Strength (Kekuatan) :
Menjual produk untuk semua kalangan
Bahan produk yang terjamin, higienis dan sehat
Harga terjangkau
Penampilan menarik
Bentuknya kecil dan sesuai kebutuhan
Penyajian sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dan cepat saji
Terdiri dari banyak rasa dan topping, sehingga konsumen dapat memilih
topping sesuai selera.
b. Weakness (Kelemahan)
Produk tidak tahan lama
Produk mudah ditiru
Faktor tempat juga mempengaruhi, jika kurang ramai maka permintaan sedikit
Jika cuaca sedang buruk, permintaan konsumen akan menurun
Faktor kenaikan harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari
konsumen
c. Opportunity (Peluang)
Bisa menjadi alternative sebagai makanan pengganti cemilan
Karena martabak mini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampau
tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
d. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga lebih murah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar