Jumat, 22 November 2013

Peranan Dan Dampak Ilmu Alamiah Dasar Dan Teknologi

PERANAN DAN DAMPAK DARI ILMU ALAMIAH
DAN TEKNOLOGI
 



*     Peranan ilmu Alamiah dan Teknologi
Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta yang ada dalam muka bumi ini. Untuk mendukung pembelajaran ilmu alamiah, teknologi sangat berperan penting dalam hal ini untuk mempermudah pembelajaran.
Ilmu alamiah juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan menjadi semakin tinggi.
Ilmu alamiah di bagi atas ilmu murni dan ilmu terapan (Teknologi). Keduanya mempunyai hubungan yang erat dari konsep atau prinsip nya.  Peranan ilmu alamiah dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain :

v  Materi dan energi :

1.      Materi yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menepati ruang. Manusia memerlukan materi yang biotis dan non biotis. Materi Biotis merupakan bahan benda hidup berupa protein, dan materi non biotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari.

2.      Energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Energi terdapat dalam berbagai bentuk, misalnya energi panas, energi cahaya, energi gerak, energi listrik, energi kimia dan sebaginya.
Jenis energi
Energi kinetik
Energi kinetik adalah bagian energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda.
Ek = vdp
Persamaan di atas menyatakan bahwa energi kinetik (Ek) sama dengan integral dari v sebuah benda dan infinitesimal momentum benda p.
Energi potensial
Sistem dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal dari partikelnya, energy potensial dari sebuah sistem adalah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ruang dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain. Jumlah partikel yang mengeluarkan gaya satu sama lain secara otomatis membentuk sebuah sistem dengan energi potensial. Gaya-gaya tersebut, contohnya, dapat timbul dari interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb), atau gravitasi.
Energi internal
Energi internal adalah energi kinetik dihubungkan dengan gerakan molekul-molekul, dan energi potensial yang dihubungkan dengan getaran rotasi dan energi listrik dari atom-atom di dalam molekul. Energi internal seperti energi adalah sebuah fungsi keadaan yang dapat dihitung dalam sebuah sistem.

Energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
1.      PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
      Prinsipnya adalah energi potensial dari air danau diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang mengerakan generator
2.      PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
Prinsipnya, Mesin Diesel menggerakan generator listrik. Mesin diesel dipilih sebagai salah satu alternative karena dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan bahan bakunya adalah solar yang harganya lebih murah.

3.      PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
Prinsipnya, Reksi Nuklir menghasilkan energi panas, energi panas ini menjadi energi mekanik melelui penguapan air, turbin uap berputar menggerakan generator listrik.
4.      Komputer
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangan listrik (elektronika), yang pada awal ditemukannya energy listrik oleh Faraday, yang belum diketahui kegunaannya. Dan dari computer, manusia dapat mengembangkan alat lainnya, berikut ini contohnya :
a)     Telepon Ensiklopedia
Orang dapat memutar nomor telepon pusat komputer ensiklopedia dan akan mendapatkan jawaban dengan tepat. Keterangan akan dengan mudah diperoleh hanya dengan memutar atau memijit tombol nomor telepon.
b)     Nasihat Dokter Melalui Telepon
Orang dengan mudah memutar nomor telepon pusat komputer dengan mendapatkan diagnose pada tingkat pertama sehubungan dengan kesehatannya yang terasa terganggu.
c)      Berbelanja Melalui Telepon/Internet
Sekarang orang dapat berbelanja melalui telepon atas barang-barang yang distandarisasikan di “Supermarket”. Tentu saja, diperlukan semacam catalog yang harus dimiliki ibu-ibu rumah tangga untuk menentukan barang-barang yang ingin dibeli.
d)     Pusat Informatika
Para ahli atau spesialis dalam berbagai bidang, misalnya ahli hokum, dokter, dan insinyur dapat dengan mudah dan tepat memperoleh data maupun informasi yang diperlukan melalui komputer pusat informatika karena komputer tersebut sanggup menyimpan data informasi yang banyak dan dengan sangat cepat ditampilkan kembali kepada orang yang memerlukan.
e)     Komputer Simulasi
Para industrial atau pengusaha dapat melakukan percobaan secara simulative suatu prototip mesin yang sedang dirancang oleh seorang perancang. Dengan simulasi, biaya eksperimen dapat ditekan menjadi murah.
f)       Robot Pekerja
Pemanfaatan robot dapat dilakukan oleh industriawan sebagai pekerja dalam pabrik sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat, akurat, dan mungkin lebih murah. Dalam robot tersebut digunakan komputer yang telah deprogram untuk
pekerjaan khusus.
g)     Robot Untuk Keperluan Percobaan Ilmiah
Para ilmuwan di Negara yang telah maju juga dapat memanfaatkan robot-robot yang digerakkan secara terprogram melalui komputer untuk mengadakan eksplorasi atau percobaan di tempat-tempat yang penuh resiko jika dilakukan oleh manusia.
h)     Komputer Analisis untuk Berbagai Keperluan
Kepolisian Negara dapat mengidentifikasi para penjahat dengan segala sifatsifatnya melalui komputer sehingga dengan cepat menangkap atau memeriksa seseorang karena para penjahat itu biasanya melakukan kriminalitas dengan sifat atau cara yang sama. Saat ini telah digunakan komputer untuk alih bahasa, yaitu menerjemahkan langsung suatu bahasa ke dalam bahasa lain dengan menggunakan analisis suara.
Energi Nuklir
1.      Pengaruh Radiasi Terhadap M.H
Sinar-sinar yang timbul dari suatu zat radioaktif, misalnya sinar (gamma) dapat mengakibatkan hal-hal berikut :
a.       Kematian
Sinar gamma dapat menembus pembungkus itu dan membunuh kuman yang ada didalam bungkusan tanpa merusak pembungkus.
b.      Hambatan pertumbuhan
Sifat menghambat pertumbuhan atau pertunasan itu dapat digunakan untuk menyimpan umbi, batang, dan sebagainya dalam tempat
penyimpanan.
c.       Perubahan sifat-sifat genetis
Dalam genetika, kita mengahui bahwa sifat-sifat M.H itu bersumber dari kromosom atau gen yang terdapat di dalam inti sel. Perubahan atau mutasi dari gen mengakibatkan adanya perubahan sifat-sifat keturunan mahluk hidup itu. Sinar radioaktif dapat menimbulkan mutasi gen. Sifatnya ini dapat dipergunakan untuk mencari bibit unggul, misalnya pada gandum, padi, jagung dsb.
2.      Nuklir Untuk Pemuliaan Padi dan Tumbuhan Lain
Sifat-sifat gamma yang dapat menimbulkan mutasi pada gen dari bijibijian dapat menghasilkan suatu mutant yang menguntungkan bagi manusia.
3.      Nuklir untuk Industri
Radiasi sinar radioaktif dapat dipergunakan untuk hal-hal berikut :
a.       Industri Kayu
b.      Serat Tekstil
c.       Industri Kulit
d.      Industri Pengawetan Makanan
e.       Nuklir Untuk Kesehatan
f.        Nuklir Dalam Industri Radiografi
g.       Nuklir Dalam Hidrologi
h.      Nuklir Untuk Studi Pencemaran Lingkungan

v  Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai :
a)    Mesin Premium
b)   Mesin Disel
c)    Mesin Uap
d)   Mesin Jet

v  Komunikasi
Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Untuk itu, Ilmu Alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua media cetak, telegrafi, telepon, radio dan televise.

a.       Percetakan
Percetakan sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antarmanusia, sangatlah penting artinya. Sejak awal abad ke -15 percetakan telah digunakan orang sebagai alat penghasil komunikasi massa, yaitu Koran. Dengan media massa berupa Koran ini suatu berita dapat diikuti oleh banyak orang dalam waktu yang pendek.
b.      Telegraf
Telegraf telah ditemukan orang sejak pertengahan abad ke -18 dan lambat laun tekniknya menjadi semakin sempurna sehingga pada pertengahan abad ke -19, jaringan telegraf telah menjangkau daratan Eropa dan Amerika Utara. Keunggulan telegrafi membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh sehingga ratusan ribu kilometer hanya dalam waktu beberapa menit saja.
c.       Telepon
Telepon ditemukan oleh Bell pada tahun 1876 setelah penemuan telegraf. Keunggulan telepon dan telegraf adalah orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lain.
d.       Radio
Ditemukan oleh Marchoni (1896),
e.       Bioskop atau Gambar Hidup
f.        Televisi
g.       Satelit Komunikasi


*    Dampak Ilmu Alamiah Dan Teknologi

*   Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Sehubungan dengan Kebutuhan Pokok
Berdampak pada :
a.       Sandang
Ilmu alamiah dan teknologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sandang. Andai kata tidak, kita barangkali masih hidup dalam zaman purba di mananmanusia masih menggunakan kulit kayu atau daun-daunan sebagai penutup tubuh.
b.      Papan
Saat ini manusia dapat menyempurnakan rumah tinggalnya dari gua-gua alami ke pohon-pohon, kemudian berkembang lagi menjadi rumah di atas tiang-tiang penyangga, dan lebih maju lagi pada masa kini kita telah mampu membuat rumah tembok dengan penuh kenyamanan. Bahkan, saat ini manusia telah mampu membuat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ke angkasa.
c.       Pangan
Dampak positif ilmu alamiah dan teknologi di bidang pangan, misalnya penggunaan mekanisasi pertanian di mana orang memungut hasil produksi yang lebih besar dengan menggunakan tenaga manusia yang relatif sedikit.
Dampak negatif ilmu alamiah dan teknologi juga ada. Misalnya, pemakaian
racun pemberantasan hama tumbuhan yang tidak saja dapat memberantas hama,
tetapi juga membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, dan meracuni manusia
itu sendiri


*   Dampak Ilmu ALamiah dan Teknologi Terhadap Sumber Daya Alam

a)     Minyak Bumi
Beberapa dampak negating minyak bumi :
- Polusi udara karena emisi gas CO2, hidrokarbon sisa pembakaran tak sempurna,
   logam berat Pb akibat penggunaan TEL
- Berkurangnya cadangan bahan bakar yang tidak terbarukan

b)     Batubara
Dampak negative dari batubara adalah :
-          cacing tambang
-          gas oksigen dalam area pertambangan yang sangat terbatas dll.
-          Batubara adalah termasuk dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, tetapi karena teknologi maju bahan tersebut dapat didaur ulang (recycling).

c)      Air
Merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui artinya setelah dipakai dapat
dibersihkan kembali, tapi pembersihan itu tidak selalu sempurna, sehingga lama-
kelamaan air bersih yang kita perlukan makin hari makin menurun kuantitas dan kualitasnya.

d)     Hutan, Hewan dan Ternak
Hutan, Hewan dan Ternak adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui,
tetapi teori modern dapat mengakibatkan sumber daya alam tersebut menjadi
tidak berdaya atau tidak dapat diperbaharui. Misalnya pembababatan hutan habis habisan tunas muda mati dan tidak akan tumbuh lagi.

e)     Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya sebenarnya dapat diperbaharui artinya tanah
itu dapat dipergunakan berulang-ulang bila dipelihara baik-baik misalnya
kekurangan zat hara bisa dapat ditambah dengan jalan pemukuan dan sebagainya.
Bila pemakaian melampaui batas dapat menjadi rusak, artinya tidak dapat
dipergunakan lagi sebagai lahan pertanian.
f)       Sumber Daya Zat Radioaktif
Zat-zat radioaktif merupakan sumber daya alam yang sangat penting, karena zat
ini dapat ikut menentukan nasib manusia dimasa mendatang.
radioaktif untuk menyembuhkan penyakit sekaligus untuk keperluan riset yang
lebih dalam pada zat-zat radioaktif.

*   Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Bidang Ekonomi dan Industri

Ø  Dampak Positif
1.      Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.      Terjadinya industrialisasi
3.      Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4.      Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.      Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi

Ø  Dampak negative
1.      Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2.      Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. {mospagebreak}.
3.      Pemotongan-pemotongan kayu, dan yang sering terjadi adalah pihak perusahan lupa akan pengaruh buruk dari kebisingan itu terhadap para pekerja dalam pabrik maupun manusia di sekitarnya.

Bidang Informasi dan komunikasi Dampak Positif
a.       Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c.       Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
Bidang Informasi dan komunikasi Dampak Negatif
a.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d.      Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.

Bidang Sosial dan Budaya Dampak Positif
1.      Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.      Meningkatnya rasa percaya diri
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.      Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.


Bidang Sosial dan Budaya Dampak  Negatif
1.      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.      Pola interaksi antar manusia yang berubah.
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

Jadi setiap apa yang ada di Bumi harusnya di pergunakan dengan keselarasan,agar apa yang telah ada di Bumi dapat di perbaharui dan tidak habis untuk generasi ke depannya.

 Contoh kasus:
SEMARANG, suaramerdeka.com – Persiapan pembangunan PLTU di Kabupaten Batang dinilai telah selesai dan selepas lebaran nanti akan dimulai proses pengkajian analisi dampak lingkungan (amdal).
Pelaksana proyek PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) optimis amdal tidak akan menemui masalah karena berdasarkan pengkajian telah disimpulkan bahwa PLTU tidak akan merusak Kawasan Lindung Nasional Taman Wisata Alam Laut Ujungnegoro.
Komisaris PT BPI Eko Budiharjo mengatakan hasil kajian dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip menyatakan bahwa karang laut di Ujungnegoro tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi taman wisata alam laut. “Ternyata, banyak karang yang sudah tertutup lumpur yang dibawa sungai sehingga wilayah itu tidak layak lagi menjadi taman wisata alam laut,” jelasnya.
Menurut mantan Rektor Undip itu, langkah selanjutnya PT BPI akan mengajukan permohonan amdal. Hal itu untuk memastikan tidak ada dampak negatif bagi lingkungan. Amdal akan diajukan selepas Lebaran nanti dan diharapkan secepatnya dapat selesai.
Terkait penolakan dari warga, menurut Prof Eko, hal itu akibat “provokasi” dari pihak-pihak tertentu.Apa yang ditakutkan soal pencemaran lingkungan adalah model PLTU kuno.
Teknologi saat ini sudah dirancang untuk menghindari pencemaran, baik dari cara pengangkutan batu bara maupun sisa pembakarannya. “Jadi seharusnya tidak perlu dikhawatirkan lagi,” katanya.
PT BPI juga telah bekerjasama dengan Pusat Penelitian Pembangunan Partisipatif Undip untuk merekam data warga setempat yang bisa dilibatkan dalam pembangunan dan operasional PLTU.


Sumber :
-  noverdi,fajar’s blog. 03.2012. makalah ilmu pengetahuan alam. Tersedia:

Tanggal : 22 November 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar